Miliki Skill Komunikasi yang Hebat, Ini Tips Jitu dari Kapolres Ngawi

Ngawi – Komunikasi merupakan salah satu skill yang dibutuhkan di semua pekerjaan. Sebagai personel Polisi yang bertugas sebagai bintara, perwira dalam fungsi intjelijen, reserse, babinkamtibmas, lantas samapta, propam, staf pembantu di Polda, Polres dan Polsek operasional maupun bidang manajemen. Komunikasi yang baik adalah kunci dari kesuksesan dalam menjalani karir.

“Ingin mendapatkan kepercayaan dari pimpinan? Skill komunikasi harus baik. Ingin dapat cepat atau bertahan dalam tugas sesuai fungsi? Tentu skill komunikasi anda harus baik juga.” tegas Kapolres Ngawi, AKBP Dwiasi Wiyatputera, hari ini.

Bacaan Lainnya

Kapolres Ngawi kemudian menyinggung soal banyaknya PNPP sering dihadapkan pada posisi dimana apapun tindakan apapun yang diambil akan memiliki potensi kesalahan namun tidak berani mengutarakannya kepada atasan. Tak jarang pula pada akhirnya anggota tersebut memilih pasrah bekerja sesuai skep-nya.

“Meskipun mutasi atau promosi merupakan hak setiap pekerja, dengan komunikasi yang lebih baik hal-hal seperti ini bisa diminimalisir.” jelas Dwiasi.

Memiliki kesepahaman dengan atasan, menurut Dwiasi merupakan jalan pertama yang harus ditempuh. Karena atasanmu tentu tidak akan selalu tahu kalau beban kerjamu ternyata telah tertumpuk begitu banyak dan mendapatkan beban-beban baru yang semakin membuatmu kewalahan.

“Maka dari itu kamu perlu mengkomunikasikan pekerjaanmu dengan timeline dan objective yang jelas. Karena dengan begitu, akan banyak manfaat yang kamu bisa dapatkan.” tukas Dwiasi.

Komunikasi yang baik akan menghasilkan kebaikan juga untuk perkembangan karier. Komunikasi yang baik akan membawa banyak manfaat baik bagi kamu sebagai polisi di fungsi apapun maupun masa depan karir. Ini alasannya :
1. Mencegah masalah
Dengan komunikasi yang baik dan jelas, kamu dapat mengkonfirmasi semua hal dengan jawaban afirmatif ya atau tidak. Kalau kedua jawaban tersebut terlalu keras bagimu, dapat dicoba untuk bernegosiasi untuk mendapatkan kata mufakat yang menguntungkan baik bagi rekan pekerja, atasan, rekanan maupun satuan.
2. Menciptakan hubungan yang lebih baik
Setelah menset komunikasi yang baik dan jelas, kamu akan tahu batasanmu dan batasan pihak lain saat berkomunikasi maupun saat bekerja. Hal ini akan membawa kejelasan juga pada hubungan yang kamu bangun. Baik itu sesama pekerja, pekerja – atasan, maupun satuan – masyarakat.  
3. Membangun kepercayaan
Setelah mengetahui batasan cara berkomunikasi yang baik, akan tumbuh rasa saling percaya antar pihak yang saling berkomunikasi. Hal ini akan sangat bermanfaat karena sebagai makhluk sosial yang berinteraksi satu sama lain, kepercayaan dalam bidang bisnis menjadi salah satu penentu laju kembang satuan di masa depan.
4. Meningkatkan kekompakan
Telah disinggung di awal artikel bahwa posisi administrasi ,operasional,staf pembantu ,pelayan publik kepolisian maupun manajerial merupakan suatu kesinambungan satuan POlRES yang tidak dapat bekerja sendiri-sendiri. Semua posisi ini harus bekerja sama untuk meningkatkan kekompakan sehingga tujuan perusahaan tercapai. Karena apabila tujuan Satuan Kepolisian Resor tercapai, maka tujuan individu setiap pekerja pun akan tercapai sampai ke akar-akarnya. Pastikan timmu di kantor selalu kompak dengan komunikasi yang baik ya!
5. Membangun produktivitas 
Dengan komunikasi yang telah berjalan dan kekompakan yang terjaga, bukan hanya tujuan satuan dan tujuan individu setiap karyawannya yang tercapai. Lebih jauh dari itu, produktivitas kerja yang meningkat karena tim yang solid akan membawa tempatmu bekerja menjadi lebih baik dari sebelumnya, Tentu, ini juga akan berdampak baik pada karir serta Penghargaan dari pimpinan!

Setelah tahu manfaat dari komunikasi yang baik bagimu secara pribadi dan perusahaan, Simak langkah-langkah konkret yang bisa kamu mulai terapkan sehari-hari untuk berkomunikasi ala Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyatputera :
1. Perhatikan tutur kata
Berkomunikasi yang baik tentu menggunakan bahasa yang baik. Hal ini bukan berarti kamu har

Pos terkait