Inovasi Tim Mahasiswa UNNES dengan ECOZYM: Sabun Alternatif Alami Tanpa Bilas

Semarang – Tim mahasiswa berbakat dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) telah menciptakan sebuah terobosan gemilang dalam perawatan pribadi dengan meluncurkan produk revolusioner mereka, ECOZYM. Produk yang unik ini berasal dari eco-enzyme yang menggabungkan beberapa enzim alami dari kulit buah yang terfermentasi sebagai bahan dasarnya dan dihadirkan dalam bentuk sabun spray tanpa bilas, menjadikannya pilihan sempurna bagi para traveler dan orang dengan tingkat mobilitas yang tinggi karena kepraktisannya.

Tim yang terdiri dari Nisrina Hasna’ Nabil (Teknik Kimia), Fika Nur Auralia (Teknik Kimia), Izza Azka Kamila (Manajemen), dan Safira Husnun Naza (Teknik Informatika), dengan dukungan Prof. Dr. Wara Dyah Pita Rengga, S.T., M.T. sebagai dosen pendamping, telah bekerja keras untuk menghasilkan ECOZYM. Produk ini bertujuan untuk mengkomersialisasikan sabun mandi alternatif tanpa bilas yang ramah lingkungan, aman, dan inovatif, berdasarkan formula eco-enzyme dan minyak kemiri.

Berangkat dari keresahan penggunaan antiseptik berbasis alkohol berulang yang sering menyebabkan iritasi kulit dan berpotensi berbahaya jika tertelan. Tim mahasiswa UNNES melihat peluang dalam mengembangkan formula antiseptik organik yang dapat digunakan sebagai sabun tanpa bilas, dengan memanfaatkan limbah organik yang melimpah, khususnya kulit buah. Eco-enzyme memiliki sifat antibakteri alami yang aman untuk kulit, sedangkan minyak kemiri memberikan efek antibakteri tambahan. Produk ECOZYM tidak hanya aman, tetapi juga efektif dalam membantu melindungi kulit dari bakteri Staphylococcus aureus. Produk ini bukan hanya berfokus pada kualitas dan keamanan, tetapi juga pada keberlanjutan.

ECOZYM hadir dengan 6 varian aroma menyegarkan yaitu rosalinda, sunflower, vanilla, lemongrass, grape, dan bubblegum. Produk ini telah tersedia di e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia dengan nama toko ECOZYM ID (https://lynk.id/ecozym) .

ECOZYM adalah pilihan bijak bagi mereka yang mengutamakan keberlanjutan lingkungan dan perawatan kulit yang aman. Slogan yang diusung yakni : ECOZYM, MANDI PRAKTIS HIGIENIS.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *